belajar atau belajar..

ok, saya mau menulis lagi setelah sekian lama 😎 mohon didengarkan ya :p

tadi pagi saya kuliah anatomi fisiologi (nah pasti follower saya pada bertanya-tanya, kak capung (ditekankan belum jadi bapak2 πŸ˜‰ ) kok kuliah kaya gitu ❓ , langsung kembali k topik..
nah d kuliah saya tadi, dijelaskan tentang sistem syaraf.. begitu banyak materi yang berlalu seperti angkot di pagi hari.. lalu tibalah materi yg sedikit mendapat perhatian dari saya.. tentang bbrapa macam reseptor sensoris.. ok diantaranya ada : Interoceptors, Exteroceptors, dan Proprioceptors.. nah namanya aja bkin pusing πŸ™„ , tapi bukan kata-kata itu yg menarik hati saya, tapi sedikit penjelasan dari bu yoke (dosen yang mengajar) mengenai proprioceptors.. mungkin bisa sedikit aku kutip, sperti ini:
” seorang manusia biasa klo tertidur dalam keadaan duduk di mobil pasti kepalanya udah lemes goyang kesana kemari, beda dengan seorang tentara yg sudah dilatih untuk selalu dalam keadaan siap siaga, yang dalam keadaan tidur pun tetap akan siaga, hal itu dikarenakan otaknya sudah dilatih, itu salah satu contoh proprioceptors yang memonitor posisi dan gerak otot skeletal dan persendian ”
kebayang ga? contoh laen gini dehh aku tambahin lagi, cowok kalo jalan trus tau mau berpapasan dengan cewek cakep pasti dg otomatis membusungkan dadanya, nah lho.. wajar gak sih :mrgreen: ..itu juga salah satu bentuk kerja syaraf..
dan tiba-tiba ❗ saya teringat keadaan saya beberapa tahun yang lalu saat masih d rumah orang tua.. sholat subuh selalu telat karena bangunnya selalu terlambat, dan pada suatu masa bapak pun menegur dg sbuah pertanyaan, “kamu ini sholat subuh tiap hari jam 5 lebih, mana diterima sholatnya” , dengan rasa tidak bersalahpun saya mnjawab ,”kan bangunnya terlambat pak, jadi gak papa dunk 😳 “.. kembalilah bapak saya berkata, “iya kalo sekali dua kali teh gak papa, tapi klo setiap hari telat, berarti emang diniatin gak bangun tepat waktu itu mah” (kalimat langsung tersebut sudah melewati edisi revisi, bapak saya pan orang jogja, mana mungkin ngmongnya persis seperti itu :D) ..pembicaraan selesai dann seperti biasa, bapak saya membiarkan saya berfikir sendiri tentang benar atau tidaknya..
saya pun mulai berfikir, iya juga ya.. klo emg g berlatih buat berniat bangun pagi, smpai selamanya juga aku bakal bangun siang terus.. seperti halnya seorang tentara tadi.. keren banget dahh si bapak klo ngingetin anaknya yg pemikir ini :P,.
ok, itu sekedar sharing,. sekalian mengasah jari tangan yang sudah lama tidak menulis :mrgreen:

4 Comments

Leave a comment